Krisis Justru Picu Pertumbuhan Asuransi 2009

>> Wednesday, December 17, 2008

Industri asuransi diperkirakan akan tumbuh pada 2009. Pertumbuhan ini justru disebabkan oleh krisis ekonomi global yang membuat orang berpikir untuk membeli produk asuransi. 

"Krisis membuat orang mulai khawatir dan mereka mencari perlindungan diri. Karena itu, industri asuransi akan tumbuh," kata Managing Director Wana Artha Life Eddy KA Berutu di sela seminar Peluang dan Tantangan Asuransi pada 2009 di Jakarta, Rabu (17/12).

Eddy mencontohkan, saat kejadian krisis moneter tahun 1998, premi asuransi justru tumbuh di atas 30 persen. Pasalnya, saat krisis moneter, masyarakat khawatir akan meningkatnya kerusuhan dan mulai membeli produk asuransi, terutama asuransi jiwa.

Hal senada juga disampaikan Kepala Biro Perasuransian Badan Pengawas Pasar Modal Lembaga Keuangan (Bapepam LK) Isa Rachmatarwata. Dia mengatakan, pertumbuhan industri asuransi yang diperkirakan akan terjadi pada 2009 juga turut dipengaruhi oleh penurunan harga BBM jenis premium.

"Tahun depan industri asuransi sedikit lebih besar daripada yang bisa dilakukan pada tahun ini. Namun, saya tidak mau beri persentase pertumbuhan itu," kata Isa.

Menurut Isa, pertumbuhan akan terjadi, tetapi tidak terlalu tinggi seperti tahun 2006 dan 2007. Dia memperkirakan, tahun 2009 asuransi jiwa akan tumbuh lebih besar dibandingkan dengan asuransi lainnya.

dari kompas.com

Pentingnya Asuransi Kesehatan Anak (kompasTV)


0 comments:

  © Blogger template Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP