RISK BASED CAPITAL Asuransi Stabil

>> Tuesday, December 23, 2008



JAKARTA — Kinerja keuangan dan rasio kecukupan modal asuransi (risk based capital/RBC) perusahaan asuransi saat ini masih relatif stabil. Hingga catur wulan III tahun 2008, tidak ada perusahaan asuransi yang memiliki RBC hingga dibawah 120 persen.

Hal ini disampaikan Kepala Divisi Asuransi Badan Pengawas Pasar Modal Lembaga Keuangan (Bapepam LK) Isa Rachmatarwata di Jakarta, Rabu (17/12). "RBC oke. Secara umum tidak ada permasalahan," kata Isa.

Pemerintah menetapkan batas minimal RBC perusahaan asuransi adalah 120 persen. Namun, Isa tidak memungkiri saat ini ada perusahaan asuransi yang tengah dalam pengawasan Bapepam-LK karena RBC anjlok.

Namun, katanya, turunnya RBC tersebut tidak mencapai batas 120 persen. Menurut Isa, yang mendapat pengawasan adalah perusahaan dengan penurunan RBC yang signifikan. Misalnya, RBC yang anjlok dari 200 persen menjadi 150 persen.

"Memang ada 1-2 perusahaan yang menjadi pengawasan. Jika turunnya tajam, menjadi perhatian kami seperti apa yang menyebabkan," kata Isa. Isa berharap, hingga akhir tahun 2008 ini perusahaan asuransi masih tetap bagus, bahkan meningkat.

www.kompas.com


0 comments:

  © Blogger template Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP